Thursday, March 22, 2012

John Von Neumann, Komputer dan Matematika



 John Von Neumann adalah salah satu ilmuwan terbesar abad ini.John Von Neumann di lahirkan di Budapest, ibukota Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Semenjak kecil kejeniusannya telah terlihat dalam Ilmu Matematika, dengan kemampuan melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya. ada usia 17 tahun, Von Neumann sudah memublikasikan paper-nyasendiri untuk Journal of the German Mathematical Society. Pada tahun 1926, Von Neumann lulus dengan dua gelar yaitu gelas S1 pada bidang teknik kimia dari ETH dan gelar doktor (Ph.D) pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Semua itu di peroleh pada usia 23 tahun.
Seiring dengan perkembangan ilmu komputer, dewasa ini banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendefinisian terhadap ilmu komputer. Bagaimanapun juga, dasar ilmu komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika menyumbangkan metode analisa, dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.
Disiplin ilmu komputer sudah muncul sejak era 1940, seiring dengan berpadunya teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Adalah Alan Turing dan Kurt Godel, yang pada tahun 1930-an berhasil mendukung algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikan dalam sebuah alat atau rele system. Prinsip algoritma yang digunakan adalah dari Ada lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya.
John Von Neumann mendemonstrasikan salah satu karya fenomenalnya pada tahun 1945, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut “Von Neuman machine”, dimana program di simpan memori. Arsitektur komputer inilah yang kemudian digunakan oleh komputer modern sampai sekarang.
Tahun 1960 adalah babak baru dimulainya formalisasi ilmu komputer. Jurusan ilmu komputer pada Universitas-universitas mulai marak dibangun. Disiplin ilmu baru ini kemudian terkenal dengan sebutan Ilmu komputer ( Computer Science), Teknik komputer (Computer engineering), Komputing (Computing), atau Informatika (Informatics).
Matematika dan ilmu komputer sangat erat kaitannya. Program-program yang terdapat pada komputer diciptakan oleh para ahli berdasarkan pola pikir matematis. Sebut saja program C++, Turbo Pascal, dan lain-lain yang prinsip kerjanya menggunakan logika matematika. Begitu pula sebaliknya, banyak masalah matematika yang dapat diselesaikan dengan menggunakan software komputer.

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR